Siak Sri Indrapura Jadi Kota Terbersih Tahun 2021 

Kamis, 07 Oktober 2021

Foto : Istimewa

SIAK, Riautribune.com - Ibukota Kabupaten Siak, Siak Sri Indrapura berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 1 dalam ajang Lomba Kebersihan Kabupaten dan Kota tingkat Provinsi Riau tahun 2021.

Penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten/Kota yang konsisten dalam menjaga kebersihan dengan tingkat dan syarat-syarat penilaian yang sudah ditentukan.

Penghargaan itu diberikan oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si di Area Taman Hutan Rakyat (Tahura), Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Rabu 6 Oktober 2021 kemarin, sekaligus Memperingati Hari Ozon Sedunia Tahun 2021. 

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza.

"Alhamdulillah, kita menerima penghargaan Kota Siak Sri Indrapura atau Ibu kota kabupaten terbersih tingkat Provinsi Riau tahun 2021. Keberhasilan ini kita raih berkat kerjasama semua pihak, baik itu pemerintah, masyarakat, dan para pelaku usaha. Ini juga merupakan PR bagi kita untuk terus bersama-sama menjaga apa yang telah kita raih ini," ujar Husni.

Ia juga menambahkan kebersihan taman dan jalan-jalan di dalam Ibu Kota kabupaten Siak, tidak terlepas peran pasukan hijau atau petugas kebersihan Kota yang setiap hari membersihkan jalan.

"Ini patut kita apresiasi, selain itu untuk menjaga kota ini tetap indah, bersih dan hutan kotanya terjaga juga di butuhkan kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya," pintanya.

Adapun juara pertama berhasil diraih oleh Kota Siak Sri Indrapura (Siak) dengan nilai 80,88 disusul Kota Bengkalis (Bengkalis) dengan nilai 75,85 dan Kota Pangkalan Kerinci (Pelalawan) dengan nilai 73,65.

Untuk harapan 1 diraih oleh Kota Bagan Siapi api (Rohil) disusul Kota Bangkinang (Kampar) dan Kota Taluk Kuantan (Kuantan Singingi)

Selain mendapatkan penghargaan ibukota kabupaten terbersih di Riau, 4 Sekolah di Kabupaten Siak juga mendapatkan penghargaan sekolah Adiwiyata karena kepedulian terhadap lingkungan.

Keemoat sekolah itu diantaranya SD Negeri 003 Banjar Seminai kecamata Dayun, SD Negeri 003 Muara Kelantan Sungai Mandau, SD Negeri 015 Rantau Panjang, Koto Gasib dan SMP Negeri 7 Kandis dengan nilai 84.07.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Mamun Murod mengatakan, 49 sekolah penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun ini, terdiri dari 19 sekolah dari Kabupaten Bengkalis, 13 sekolah dari Kota Pekanbaru.

Lalu, 7 sekolah dari Kabupaten Rokan Hilir, 4 sekolah dari Kabupaten Siak, 3 sekolah dari Kabupaten Pelalawan, 1 sekolah Kabupaten Indragiri Hilir, 1 sekolah dari Kabupaten Kampar, 1 sekolah dari Kabupaten Kuansing dan 1 sekolah dari Kota Dumai.

"Kami laporkan kepada bapak Gubernur bahwa sejak dimulainya pelaksanaan Program Adiwiyata di Provinsi Riau, disampaikan Penghargaan yang telah diperoleh sampai dengan tahun 2021 sebanyak 739 sekolah dengan rincian, Adiwiyata Provinsi 579 sekolah, Adiwiyata Nasional 140 sekolah, Adiwiyata Mandiri 19 sekolah dan ECO School 1 sekolah," terangnya. (Iqbal)